PASSION

KALO DITANYA PASSION LU APA, LU BINGUNG SENDIRI. ITU DERITA LU SUKA PINDAH KERJA!


"Passion" Satu kata itu katanya bisa jamin kebahagiaan. Gak perlu perusahaan besar / jabatan yang bergengsi dan mengundang decakan, asal ngelakuin apa yang lu suka udah cukup bisa ngerasa puas. Di luar sana, orang berlomba-lomba mengejar passion-nya. Selain lebih menyenangkan, bekerja sesuai passion juga bisa ngurangi risiko stres dan depresi.

Di usia 25 tahun ke atas, katanya kita harus udah tau apa yang ingin kita lakuin seumur hidup. Nentuin satu jalur karier, dan berusaha jadi orang yang ahli di situ. Dengan begitu, hidup terarah, kebutuhan pun terpenuhi karena lu tahu jenjang karier mana yang harus lu ikutin. Tapi passion bisa sangat membingungkan. Sementara ada orang rela melepaskan segalanya demi passion, ada juga yang bahkan tak tahu passion-nya apa. Apa lu ngerasain hal yang sama?

1. Sebelum wisuda, kayaknya semua sudah ada planing. Tapi nyatanya dunia di luar sana tak seindah drama korea


Kembali ke masa kuliah, rasanya semua bakal baik-baik saja. IPK cumlaude pun almamater kampus bergengsi lumayan ngasih jaminan. Setelah resmi jadi sarjana nanti, lu akan nyari perusahaan besar yang bakal ngasih banyak hal. Mulai dari penghasilan tinggi sampai jabatan bergengsi. Rasanya kayak lu gak sabar mengenakan toga dan diwisuda. Tapi, semua angan itu lenyap pas lu udah benar-benar di sana. Ekspektasi dan realita benar-benar gak sejalan. Nilai dan almamater yang lu agungkan ternyata gak bisa ngomong banyak. Sebab di luar sana, orang lebih percaya aksi ketimbang deretan angka dalam transkrip nilai.

2. Daripada serunya, dunia kerja ternyata lebih banyak susahnya. Makin ke sini makin gak betah rasanya


Lu emang berhasil dapet kerja. Kenyataan itu harus digarisbawahi dulu, sebab lu tentu mesti bersyukur. Banyak orang yang bangun tidur tanpa rencana, setidaknya lu tahu harus ngelakuin apa meskipun harus desak-desakan dulu di angkutan bersama. Namun dunia kerja gak seindah yang lu bayangkan. Tumpukan pekerjaan yang gak ada habisnya, atasan yang suka bersikap semaunya, dan lingkungan kerja yang hobinya sikut-sikutan saling menjatuhkan. Setiap hari lu lalui dengan begitu banyak tekanan. Bukannya tidak bersyukur karena sudah bekerja, tapi lu tak menyangka dunia kerja sebegini sulitnya.

3. Terkadang bosan, kadang muak dengan kerjaan. Di benak lu ada jutaan alasan buat berhenti bekerja

Lu heran denger cerita orang-orang tua, yang bisa mengabdi di satu tempat hingga puluhan tahun lamanya. Lu pun sebenarnya ingin menemukan hal yang sama. Tapi seiring waktu berlalu, lu selalu nemuin momen di mana lu ngerasa ini bukan tempat lu. Terkadang pekerjaan lu emang dirasa gak menjanjikan, apalagi paling sering ngerasain yang namanya bosan. 

Jadilah si kutu loncat yang hobinya ganti-ganti pekerjaan. Rumus umumnya, cari dulu pekerjaan baru baru mengajukan surat resign. Tapi hati lu yang kadung jengah dan jenuh gak bisa diajak kompromi lagi. Sesekali lu resign tanpa persiapatan apa-apa.

4. Sebenarnya lu ini mau jadi apa?

Saking seringnya gonta-ganti kerjaan, karier lu pun gak punya tujuan lagi. Kemarin lu jadi sales marketing, lalu HRD, sekarang lu jadi marketing. Nama kantor lu yang nyaris berubah setiap tahunnya, dan nama jabatan yang berbeda, bikin hati kecil lu bertanya-tanya. Sebenarnya aku ini ingin jadi apa?
Di satu sisi, punya pengalaman di berbagai bidang memang bagus karena ngasih ilmu yang bervariasi. Tapi di sisi lainnya lu paham kalo lu gak bisa ngelakuin semuanya. Harus ada satu atau mungkin dua yang harus lu pilih buat ditekuni, ditelateni, dan dikejar hingga ke titik puncak.

5. Teman-teman udah punya jabatan yang tinggi. Sementara elu masih pindah-pindah karier, dan mulai dari nol lagi

Terus-terusan ganti pekerjaan tentu bukan hal yang menguntungkan. Tanpa trik khusus, CV lu bakal dipertanyakan karena beragamnya bidang yang lu tekuni. Di saat teman-teman lu udah punya jabatan tinggi, lu masih asyik aja nyoba banyak hal. Sementara usia lu juga terus bertambah dan tanggungan lu juga semakin bertambah.

Dalam sepuluh tahun mendatang, lu pengen melihat diri lu ngerjain apa? Jawaban lu: tidak tahu. Hal apa yang paling lu suka dan rela menghabiskan seharian untuk itu? Jawabanmu: banyak. Setelah mati, lu ingin dikenang sebagai apa? Jawabanmu: sebagai orang baik. Duh, menjawab pertanyaan pun susahnya luar biasa.

6. Meski sekarang elu sibuk mempertanyakan apa bakat lu, suatu hari nanti lu pasti bakal nemuin tempatmu

Jadi lu emang sedikit ngrepotin. Kadang lu mikir, barangkali passion itu cuma sebatas pilihan aja. Ada yang memilih menjadikan hobinya sebagai pekerjaan meski kurang menjanjikan, ada juga yang emilih nyari pekerjaan utama dan menjadikan hobi sebagai sampingan. Semua itu hanya soal sampingan. Lu gak perlu menemukan satu-satunya hal yang ingin lu lakuin seumur hidup.

Lu cuma perlu nentuin pilihan. Meski sekarang lu bagai kutu loncat dan masih galau pindah-pindah kerjaan, suatu saat nanti lu pasti nemuin tempat yang bikin lu memilih untuk tinggal. Apa pun alasannya.

Sulitnya nemuin passion. Tapi gak perlu disesali / dipikirin lama-lama.
Seperti kata Hunter S. Thompson:

"Anything that gets your blood racing is probably worth doing."
Ikuti saja kata hati lu. Lama-lama lu bakal nemuin juga.

Udah sementara itu aja dulu ya sob :D gue capek ngetik banyak-banyak. Itulah keresahan gue soal "Passion" 

See You For The Next Time!! dadaaah!!!

Comments

Popular Posts